Kartu Pra Kerja

Apa Itu Kartu Pra Kerja?

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Untuk Siapa Kartu Pra Kerja?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena kami percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah lain yang lebih gemilang di masa depan.

Solusi Kartu Pra Kerja

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal

Pertanyaan Seputar Kartu Pra Kerja

Apa itu Kartu Prakerja?


Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Apa tujuan Kartu Prakerja?


Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Apakah Kartu Prakerja menggaji pengganguran?


Tidak. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran ya!

Siapa aja sih yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?


Kamu bisa mendaftar jika kamu adalah WNI usia 18 tahun keatas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Namun, program diprioritaskan untuk pengangguran muda.

Eh, apakah harus menganggur?


Tidak kok! Orang yang sudah bekerja dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja.

Apakah lulusan universitas unggulan dan sudah bekerja bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?


Tentu saja bisa! Karena pekerja baik itu lulusan universitas unggulan ataupun tidak juga butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian. Namun, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda!

Siapa yang akan melaksanakan operasional Kartu Prakerja dan memberikan persetujuan manfaat Kartu Prakerja?


Manajemen Pelaksana yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Semua kebijakan Kartu Prakerja dirumuskan oleh Komite yang terdiri dari 8 (delapan) Menteri.

Apakah bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan secara tunai?


Tidak. Bantuan diberikan secara non-tunai.

Berapa kali bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan?


Sekali saja, namun kamu bisa menggunakannya untuk mengikuti beberapa pelatihan.

Apakah pagu Kartu Prakerja dapat dipakai oleh orang lain diluar yang telah disetujui?


Tidak, pagu hanya dapat dipakai oleh penerima manfaat Kartu Prakerja sesuai dengan nama yang telah disetujui, alias tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain.

Berapa maksimal orang yang dapat menerima manfaat Kartu Prakerja?

2 (dua) juta orang di tahun anggaran 2020.

Sumber: prakerja.go.id